Kuliah Online, IPK Aman Sejahtera!

Tahun 2020 bukanlah tahun yang cukup baik bagi kita semua. Seluruh warga negara Indonesia terkena dampak akan virus COVID-19. Salah satu yang terkena dampak yang cukup besar adalah kita sebagai mahasiswa. Pemerintah memberikan imbauan kepada seluruh mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia untuk melaksanakan perkuliahan secara daring. Sebagai mahasiswa Teknik Industri Universitas Brawijaya, kita harus dong mematuhi peraturan pemerintah untuk tetap #dirumahaja. Imbauan untuk #dirumahaja membuat tidak sedikit mahasiswa yang merasa kesulitan menjalankan perkuliahan secara daring. Mulai dari terlalu santai, bosan saat di kelas, dan kehilangan fokus ketika belajar.

Lantas, nasib IPK juga sangat terpengaruh bukan? Nah, di sini kita akan bahas bagaimana caranya agar kuliah online menjadi efektif dan IPK tetap aman sejahtera. Yuk simak beberapa tips berikut ini!

  1. Jangan lupa absensi online secara mandiri!
    Ternyata, absensi sangat berpengaruh besar loh dalam penilaian. Khususnya di Teknik Industri sendiri, mahasiswa wajib menghadiri 80% dari total pelaksanaan perkuliahan. Keteledoran dalam mengisi presensi merupakan hal sepele namun sangat berpengaruh besar terhadap nilai mahasiswa.
  2. Bukan sekedar hadir, tapi juga aktif!
    Terkadang mahasiswa menyepelekan kuliah online. Mulai dari bosan, tidak tahan kantuk, dan juga tidak fokus. Tapi, tidak sedikit dosen yang menilai keaktifan mahasiswa saat perkuliahan online loh! Tetap menjadi mahasiswa yang aktif, ya! Baik aktif bertanya, aktif menjawab, dan juga aktif dalam mengeluarkan pendapat. Tidak ada ruginya bukan?
  3. Membuat reminder jadwal kuliah
    Di era serba online seperti ini, pasti mahasiswa merasa santai karena tidak perlu terburu- buru dan tergesa- gesa untuk datang ke kampus. Tapi jangan salah, santai bisa jadi lalai. Karena lupa jadwal kuliah, mahasiswa jadi harus kelewatan masuk kelas dan absensi pun bolong. Buatlah reminder jadwal kuliah yang harus dilakukan selama seminggu penuh secara berkala dan siapkan 10 menit untuk persiapan diri sebelum kelas daring dimulai.
  4. Memaksimalkan waktu saat kuliah online
    Saat kuliah online hindarilah multitasking! Jangan bermain smartphone dan membuka situs- situs yang tidak diperlukan. Bukan hanya kehilangan fokus, kuota untuk belajar pun menjadi berkurang. Memaksimalkan waktu saat kuliah online sangatlah berpengaruh pada nilai loh! Kondisi online seperti ini mempermudah kita untuk dapat merekam perkuliahan, bisa eksplorasi buku- buku literatur referensi dari dosen, dan bisa berdiskusi bersama teman- teman dengan mudah lewat platform online.
  5. Jangan sepelekan tugas!
    Tugas yang kita kerjakan bisa jadi berpengaruh besar terhadap nilai. Hal ini karena dosen tidak bisa bertatapan langsung dengan mahasiswa, sehingga bentuk penilaian pun bisa bergantung pada pengerjaan tugas. Kerjakan tugas dengan maksimal dan kumpulkan tepat waktu. Terlebih lagi dengan mengerjakan tugas, kita akan mendapatkan ilmu dan melatih kemampuanĀ problem solving juga loh!

Itulah 5 tips yang bisa kami bagikan agar kuliah online bisa dijalankan dengan efektif dan IPK pun tetap aman sejahtera. Di tengah keadaan seperti saat ini jangan jadikan alasan untuk menyurutkan semangat, ya. Tetap semangat danĀ stay focus!

Ditulis oleh:
Vanesa Naomi Dharmaria (2019)

Disunting oleh :
Annisa Virani Amalia (2018)